10 Metode Mendeteksi dan Menggagalkan Rencana Mata-Mata

Dengan menyebut nama Allah Yang Pemurah lagi Maha Penyayang.   Segala puji bagi Allah, Maha Pencipta dan Penopang Alam Semesta. Segala puji bagi-Nya yang telah berfirman:

“Dan rahasiakanlah perkataanmu atau lahirkanlah; sesungguhnya Dia Maha Mengetahui segala isi hati.” (QS Al Mulk [67]: 13)

Dan shalawat serta salam senantiasa dicurahkan kepada Nabi Terakhir, Muhammad SAW, yang bersabda:

“Peliharalah kebenaran, karena kebenaran mengarah pada kebaikan, dan kebenaran mengarah pada Surga. Seseorang yang terus mempertahankan kebenaran sampai dia dicatat dalam buku Allah sebagai orang yang shalih. Ia selalu Menahan diri dari berbohong. Karena letaknya berbohong mengantarkan pada kejahatan secara terang-terangan, dan keburukan mengantarkan pada api neraka. Seorang pria yang terus berbohong sampai dia dicatat dalam buku Allah sebagai pembohong.” (HR Bukhari, Muslim, Abu Dawud, dan Al-Tirmidzi).

..dan semoga rahmat juga senantiasa tercurah atas keluarganya dan para sahabatnya serta para pengikutnya.

Allah berfirman dalam Kitab-Nya:

“Dan (ingatlah), ketika orang-orang kafir (Quraisy) memikirkan daya upaya terhadapmu untuk menangkap dan memenjarakanmu atau membunuhmu, atau mengusirmu. Mereka memikirkan tipu daya dan Allah menggagalkan tipu daya itu. Dan Allah sebaik-baik Pembalas tipu daya.” (QS Al Anfal [8]: 30)

Dengan pemikiran ini, dan mengingat peristiwa-peristiwa yang terjadi baru-baru ini, terutama penangkapan saudara kita di Oregon (semoga Allah meneguhkannya dan segera membebaskannya), saya telah memutuskan untuk merekam dan menuliskan 10 metode –yang, melalui pengalaman pribadi saya sendiri– akan memberikan pencerahan seputar taktik yang sering digunakan oleh mata-mata atau informan untuk menjebak dan akhirnya menangkap Muslim, dan berikut inilah cara untuk menggagalkan rencana ini.

#Satu#

Seorang mata-mata akan selalu memulai aksinya dengan “mencari muka”. Proses ini memakan waktu beberapa bulan. Mereka bergabung dan aktif di forum atau di masjid beberapa bulan saja sebelum mereka melakukan kontak dengan individu yang akan mereka jebak. Begitu mereka membuat kontak, mereka biasanya membuat dialog-dialog kecil. Seperti topik terjemahan, menemukan nasyid, mencari suami/istri, atau tempat-tempat terbaik untuk menemukan makanan halal, dan sebagainya. Hal ini dilakukan untuk memperoleh kepercayaan dan agar tidak terus terang. Karena keterusterangan (yaitu berbicara tentang jihad dari hari pertama) akan memunculkan kecurigaan. Mata-mata itu kemungkinan akan melakukan pendekatan terhadap target mereka selama berbulan-bulan sebelum menyebutkan jihad, dan bahkan kemudian, mereka akan mulai dengan hal-hal kecil, dengan topik-topik seperti “apakah Anda menyukai video baru As-Sahab” atau “apa nasyid Jihad favorit anda.”

#Dua#

Anda mungkin bisa juga mendeteksi dan memberikan bendera merah kepada mata-mata dari kebohongan dan inkonsistensi. Inkonsistensi ini dapat dilihat termasuk perubahan dalam cerita, yang biasanya dielaborasi setelah anda menyadari perubahan dalam cerita mereka. Sebagai contoh, mata-mata mungkin adalah mahasiswa di sebuah universitas Amerika. Namun, anda melihat dia online atau di masjid selama jam kuliah. Ketika anda mengatakan “Saya pikir kamu di sekolah” mereka dengan cepat akan mengubah cerita mereka dengan pernyataan seperti “Saya mengambil kelas online” atau “Saya mengambil kuliah malam.” Perhatikan hal-hal kecil yang mungkin tampak tidak berarti, seperti menyebutkan anggota keluarga, pekerjaan, atau pengetahuan tentang suatu topik tertentu. Jika diketahui bahwa orang tersebut sudah melakukan suatu kebohongan, bahkan meskipun kebohongan itu kecil, maka ambillah tindakan pencegahan.

#Tiga#

Hal lain yang harus diwaspadai adalah pernyataan-pernyataan besar. Ini biasanya mencakup klaim untuk menjadi anggota suatu organisasi mujahidin, atau untuk berhubungan dengan Mujahidin atau ‘Shuyuukh’ tertentu, atau mengaku sudah tahu pribadi atau bertemu dengan berbagai pemimpin Mujahidin. Ini harus dipastikan. Siapapun yang membuat klaim ini adalah pembohong, atau jika mereka jujur, maka mereka sangat Jahil ketika mereka ingat masalah keamanan, baik bagi dirinya dan bagi para mujahidin.

#Empat#

Seorang mata-mata biasanya akan mengaku sibuk, kemungkinan besar dengan studi sekolah. Secara pribadi ia akan sering meminta maaf karena tidak bisa sering ditemukan karena sibuk dengan berbagai ujian atau harus belajar untuk ujian tengah semester atau mengerjakan pekerjaan rumah. Mata-mata menggunakan taktik ini untuk membuat diri mereka tampak normal. Ini tidak berarti bahwa seorang Mujahidin bukan selalu mahasiswa dan tidak bekerja keras dengan studi mereka. Namun, jika seseorang benar-benar ingin terlibat dalam jihad, dan Syahadah khususnya melalui misi Istisyhadi atau ‘Fidaye’, tidak mungkin fokus utama mereka adalah sekolah. Alasan sekolah ini paling sering digunakan, bukan alasan kesehatan atau pekerjaan, karena mungkin target mata-mata mungkin merasa bahwa orang yang tidak sehat tidak layak untuk jihad atau orang yang memiliki pekerjaan ikut membayar pajak adalah kolaborator. Mereka sering meminta maaf atas ketidakhadiran atau keterlambatan, bahkan pemberitahuan ini dilakukan satu atau dua hari setelah pesan anda dikirim kepada mereka, ini adalah hal yang sangat umum.

#Lima#

Mata-mata akan bertanya pada target mereka menjadi lebih “spesifik” dan “jelas.” Misalnya, jika anda mengatakan anda tertarik dalam Jihad, mereka akan bertanya apakah yang anda maksud Jihad fisik. Jika anda menyebutkan anda memiliki pengetahuan senjata api, mereka akan menanyakan senjata api jenis apa dan apa saja yang anda ketahui. Kita harus benar-benar mencermati kata-kata mereka setiap saat, atau lebih baik tidak berkata apapun. Alasan mereka mempertanyakan hal semacam ini bukan karena mereka mengerti, tetapi lebih karena jika dan ketika anda tertangkap, mereka ingin memastikan bahwa hakim akan semakin mudah menjatuhkan anda. Jika anda terus mulut Anda tertutup, maka ada kemungkinan anda bahkan tidak akan ditangkap. Mata-mata itu mungkin tidak membuat ancaman itu sendiri, tapi akan menunggu anda berbicara terlebih dahulu. Mereka ingin membuat anda membicarakan hal-hal yang lebih spesifik.

#Enam#

Dalam proses pendekatan ini, mata-mata akan selalu menerima anda. Mereka akan menerima manhaj anda dan tidak memperdebatkannya, bahkan saat mereka mengatakan manhaj tersebut berbeda dari mereka sendiri. Perilaku khas seperti merokok, mendengarkan musik, atau menempelkan foto, tidak pernah dikutuk oleh mata-mata. Mereka selalu akan menjawab pertanyaan-pertanyaan pribadi dan tidak tersinggung ketika anda bertanya, karena mereka akan menjawabnya dengan kebohongan. Jika anda kembali pada Islam dan menyebut perilaku berdosa dalam hidup anda sebelum menerima Islam, mata-mata tidak akan peduli sama sekali. Spies tidak pernah tampak marah atau tidak setuju dengan target mereka, kecuali dengan satu syarat. Kondisi ini jika mereka menemukan targetnya akan melepaskan diri dari jihad. Kemudian mata-mata akan berusaha untuk mengingatkan target mereka, biasanya dengan membawa kata-kata masa lalu mereka atau menggunakan teknik untuk membuat target mereka merasa bersalah. Hanya jika target mereka terlihat seperti menentang jihad –apakah al Qaeda maupun Jaisy Muhammad– maka mata-mata itu akan terlihat marah dan kecewa.

#Tujuh#

Tanyakan kepada diri sendiri, apakah orang yang anda percaya? Dalam dunia di mana setiap orang dapat benar-benar menjadi mata-mata, mengapa orang ini yang anda percaya? Mengapa mereka mengaku sebagai seorang mujahid, dan menceritakan ini pada orang-orang yang mereka temui melalui komputer atau di masjid-masjid? Mengapa mereka mengatakan mereka ingin melakukan operasi Jihad atau hijrah? Anda tidak bisa mengetahui apakah ada orang yang ikhlas, dan ini adalah kenyataan yang menyedihkan. Pikirkan tentang mengapa mereka akan mempercayai anda dari semua orang, dan bukan orang lain. Jawabannya adalah karena mereka sedang berusaha untuk menangkap anda, dan ini adalah bagian dari proses pendekatan mereka.

#Delapan#

Sekarang tanyakan pada diri anda, jika mereka sudah mempercayai anda, mengapa mereka membutuhkan anda? Jika mereka ingin anda untuk berhijrah dengan mereka, tanyakan pada diri anda mengapa mereka tidak pergi sendirian atau dengan orang lain. Jika mereka membutuhkan seseorang untuk melaksanakan operasi, apakah mereka menjemput anda. Jika anda melihat peristiwa dari Oregon dan belajar dari mereka, Anda akan melihat bahwa itu adalah kelompok dari orang-orang yang telah direkrut menjadi mata-mata, semoga Allah membebaskannya. Siapapun saat ini bisa bertanya kepada dirinya sendiri “jika sudah ada sekelompok saudara, dan di antara mereka ada seorang pembuat bom, mengapa mereka membutuhkan orang lain untuk mengemudikan mobil? Jika seseorang sudah mengklaim tahu bagaimana membangun bom, mengapa mereka meminta anda untuk menanamnya? Apakah karena mereka takut mati? Apakah karena mereka ingin membuat lebih banyak bom? Atau, atau mungkin, karena mereka ingin menjebak anda? Hal ini sering terjadi dalam skenario beberapa mata-mata. Jika sudah ada kelompok yang mengaku mujahidin dan menyiapkan serangan, lantas apa yang mereka butuhkan dari anda?

Jika mereka mengaku ‘Fidayeen’, mengapa mereka membutuhkan satu lagi?

Mengapa tidak merekrut lebih banyak, mengapa tidak menggunakan satu orang saja?

Mengapa mereka meminta anda untuk membantu mereka melatih jika mereka telah mengklaim memiliki pengetahuan tentang senjata api dan bahan peledak?

Mengapa mereka membutuhkan seorang kameraman, tidak bisakah salah satu dari mereka merekamnya?

Kadang-kadang ketika operasi harus dilakukan, jika anda yang diminta untuk menanam bom, tanyakan pada diri anda mengapa mereka ingin anda menanam bom mereka atau menjadi ‘Fidaye’? Dan jika mereka sudah punya rencana, kenapa mereka mempercayai anda, sedang anda adalah orang yang relatif asing untuk membantu mereka? Pertanyaan-pertanyaan harus diajukan.

#Sembilan#

Mata-mata akan berbicara dan berlatih berlebihan. Kebanyakan operasi, terutama operasi istisyhadi, tidak perlu latihan berbulan-bulan, tetapi mata-mata akan membuatnya tampak seolah-olah harus seperti itu. Perhatikan juga mata-mata akan meminta untuk dilatih menggunakan properti dan senjata api yang anda miliki. Jenis operasi biasanya tidak memerlukan perencanaan seperti yang ditentukan oleh mata-mata. Alasan pertama mereka untuk melakukan hal ini adalah untuk mendapatkan kepercayaan anda. Dan alasan kedua adalah pada akhirnya menunda operasi itu sendiri. Berkaitan dengan berbicara yang berlebihan, lakukanlah metode pencegahan yang kelima. Mata-mata ingin anda melakukan semua mereka bicarakan. Mereka biasanya akan meminta ide dan masukan anda. Mereka akan menanyakan apa yang anda pikirkan dan akan menjadi sasaran yang cocok. Mereka ingin anda mengatakan anda ingin menjadi pelaku istisyhadi atau anda ingin berusaha untuk membunuh orang lain. Ingat, diam adalah emas.

#Sepuluh#

Akhirnya, jika Anda menduga bahwa anda telah jatuh ke dalam mata-mata, ada tindakan yang harus diambil. Pastinya, anda harus memotong semua kontak dengan orang yang anda dicurigai mata-mata. Namun, sebelumnya mungkin bermanfaat untuk berpura-pura memberitahu mereka bahwa anda sebenarnya telah kecewa dengan Jihad. Bahkan mungkin bijak untuk mengklaim bahwa anda telah kehilangan minat dalam Islam! Berbohong, berbohong, berbohong! Ingat, mata-matalah yang anda ajak bicara. Setelah itu, mungkin lebih baik untuk menghilang. Tidak perlu memberikan alasan, atau mereka mungkin akan menggunakan alasan seperti istrinya hamil atau mereka yang pindah untuk membuat mereka tetap menghubungi anda. Mungkin bijaksana untuk mengubah nama pada forum atau mengganti email. Juga penting, jika mungkin, jangan biarkan orang ini tahu bahwa anda menyadari mereka adalah mata-mata. Jika tidak, mereka mungkin menyadari bahwa anda berbohong kepada mereka, dan masih akan terus menyelidiki anda. Dan terakhir, memperingatkan orang lain yang mungkin telah jatuh menjadi korban mata-mata, dan mengungkapkan kepada mereka metode yang bisa digunakan oleh mata-mata.

Saya memohon agar Allah menerima semua amal ibadah saya dan menjadikan informasi ini bermanfaat bagi saudara-saudara yang lainnya, insyaAllah.

Saudaramu dalam Islam

Sumber: Theunjustmedia diterjemahkan oleh Althaf, redaktur pelaksana arrahmah.com

http://arrahmah.com/index.php/blog/read/10501/10-metode-mendeteksi-dan-menggagalkan-rencana-mata-mata

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: